Jumat, 27 Maret 2015

Goa diantara pulau di danau PLTA Koto Panjang

Harus Rela Kaki berbecek-becek ria
     Danau PLTA koto panjang terletak di kecamatan tiga belas koto kampar, kabupaten kampar, Riau. Di danau PLTA terdapat beberapa pulau - pulau, di antara pulau-pulau  tersebut ada juga yang di huni manusia, ada juga perkebunan milik warga setempat. Namun uniknya di antara pulau-pulau tersebut ada beberapa pulau sebagai objek wisata alam yaitu ada pulau yang terdapat air terjun yang bernama Arau besar, dan pulau yang terdapat goa, yaitu goa batu akuik.

     Dalam cerita ADCOM kali ini saya akan menceritakan goa batu akuik. Untuk menuju ke goa batu akuik hanya ada satu akses yaitu jalur air, kita menggunakan kapal kayu bermesin atau biasa di sebut pompong. Dengan biaya sewa pompong sekitar Rp 600.000,00 dengan kapasitas penumpang 15 sampai 20 orang.

   Sepanjang perjalanan sebelum menuju goa batu akuik kita akan di manjakan dengan panorama alam yang menyejukkan mata kita, yaitu kita akan melihat deretan pulau yang berbukit dan menghijau, keramba-keramba ikan yang mengapung di danau PlTA koto panjang. Sekitar 30 menit perjalanan menggunakan pompong untuk menuju goa tersebut.

Merangkak demi menyelusuri Gua
     Goa yang memiliki dua bilik yang memiliki kedalaman sekitar kurang lebih 10 meter,goa dengan diameter lingkaran yang bermacam di setiap ruangnya, dari yang diameter 50cm hingga sekitar 3meter. Ruang goa yang gelap gulita yang mengharuskan kita membawa alat penerangan atau senter. Penghuni tetap goa batu akuik adalah kelelawar yang populasinya sekitar ratusan mungkin ribuan yang meninggalkan kotoran yang menusuk hidung, untuk itu kita harus membawa masker penutup hidung. Kurangnya oksigen di dalam goa membuat kita cepat dehidrasi, untuk itu jangan lupa membawa air minum.Tetesan  air dari dinding goa menimbulkan bunyi yang nyaring menambah suasana yang eksotis perjalanan goa akuik. 

     Bila teman-teman hobby traveling goa batu akuik di danau PLTA koto panjang, kecamatan tiga belas koto kampar kabupaten kampar Riau bisa menjadi daftar perjalanan teman-teman selanjutnya.

# kcs
Crew ADCOM Khamidi Setyobudi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.