Jumat, 06 Maret 2015

Air Terjun Arau Besar

    Air terjun arau besar ini berada di tiga belas koto kampar tepatnya di antara pulau-pulau yang berada di bendungan PLTA koto kampar, kabupaten kampar,provinsi Riau. Air terjun arau besar memiliki tiga tingkat namun yang bisa di kunjungi untuk wisatawan umum hanya yang ke 3, di karenakan untuk yang tingkat 2 dan 1 susah untuk di kunjungi karena jalur akses untuk menuju air terjun yang ke 2 dan 1 belum ada masih hutan yang lebat dan banyak lereng yang curam.
    Kami ADCOM (Adventure Communication) menuju air terjun Arau besar bersamaan dengan kegiatan teman LPE (laskar pengiat ekowisata) dalam rangka mengenalkan wisata alam di Riau dengan membawa 40 peserta wisatawan. Perjalanan di mulai dari pekanbaru pada tgl 30 - 1 - 2015 sekitaran pukul 13:00 wib menuju Tiga belas koto kampar. 
   karena air terjun arau besar terletak di antara pulau - pulau yang berada di bendungan PLTA koto kampar dan satu - satunya alat transportasi air menggunakan perahu atau masyarakat setempat menyebutnya pompong. Biaya sewa pompong berkisar Rp 600,000 - Rp 700,000. Kapasitas satu pompong untuk 15 - 20 penumpang.
   Banyak keindahan alam yang di suguhkan selama perjalanan menuju air terjun arau besar yang menyejukkan mata. Air danau PLTA yang hijau dan pulau-pulau yang berbukit, dan kerambah ikan milik warga setempat. 
Air Terjun Arau Besar-ADCOM
    Air terjun arau yang ke 3 memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter, memiliki air yang jernih dan menyejukkan. Tak terbayangkan bila kita bisa berenang dan mandi di bawah air terjun menikmati dinginnya dari air yang di yang di kelilingi hijaunya hutan sekitaran air terjun, kicauan burung - burung menjadi suasana lebih asyik.
   Tidak perlu harus jauh-jauh bila kita ingin berwisata alam di Riau juga ada dan tidak memerlukan biaya banyak dan waktu yang cukup lama teman-teman bisa mengunjungi air terjun arau besar di tiga belas koto kampar. Siapa yang akan memperkenalkan dan memajukan wisata alam Riau kalau bukan kita orang Riau atau kita warga Riau. 
# Kcs

2 komentar:

  1. Kalau biaya perorangan relatif mas yang @M.irwan yang mahal itu sewa pompongnya kisaran Rp 600.000 kalau dari pekanbaru kita naik motor itu bensin fuul juga sudah cukup. Saran saya kalau bisa agak berame2 biar agak murah bisa patungan ongkos pompongnya. Sekalian ke goa batu akuiknya mas minta antar sama supir pompongnya.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.